Bab 1 Analisis sistem penerimaan karyawan baru - Sri indri

Latest

Sedikit Lebih Beda, Lebih Baik Daripada Sedikit Lebih Baik

Pengikut

Kamis, 12 Oktober 2017

Bab 1 Analisis sistem penerimaan karyawan baru

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang
Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berhubungan erat dengan kepegawaian yang mempunyai tujuan mendapatkan dan mengembangkan tenaga kerja yang berkualitas. Menurut sedarmayanti (2015:13) menyatakan bahwa SDM adalah kebijakan dan praktik menentukan aspek manusia atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen, termasuk menyaring, melatih, memberi penghargaan dan penilaian. Tujuan umum perusahaan adalah untuk mewujudkan hasil-hasil produksi yang berkualitas dan mempertahankan kelangsungan dalam perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut faktor utamanya adalah manusia.
Mengingat  proses penerimaan dan seleksi karyawan baru dalam suatu perusahaan sangat penting untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran perusahaan dalam mencapai tujuan. Maka dengan adanya penerimaan dan seleksi karyawan baru yang selektif dapat menjadikan perusahan yang berkualitas. Penerimaan karyawan baru merupakan suatu aktivitas untuk mencari karyawan dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Seleksi penerimaan karyawan baru merupakan faktor yang sangat penting bagi kelancaran proses bekerja di sebuah perusahaan untuk mengisi posisi jabatan yang tergolong dalam kriteria-kriteria yang cocok untuk menempati suatu jabatan yang diperlukan oleh perusahaan. Tidak jarang kita temui proses seleksi karyawan baru yang masih manual sehingga masih adanya kecenderungan untuk mengutamakan Sanak saudara sendiri, terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan ppemerintah.
Keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahanya sangat ditentukan oleh kualitas karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Untuk memperoleh karyawan-karyawan yang berkualitas dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka perusahaan mengadakan proses seleksi dalam penerimaan karyawan baru. PT. CMAJ adalah salah satu perusahaan  yang bergerak dibidang Jasa yang berlokasi di jalan Gajah Mada, Medan, Sumatera Utara memerlukan karyawan yang berkualitas sehingga karyawan dapat dituntut untuk bekerja secara optimal. Maka dari itu penerimaan karyawan baru dibutuhkan sistem komputerisasi dalam memproses data
untuk menampilkan karyawan baru dengan nilai tertinggi samapai nilai terendah. Oleh karena itu penulis mengangkat judul Analisis Sistem Penerimaan Karyawan Baru Pada PT. CMAJ.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah diuraikan, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
Bagaimana cara memilih karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan?
Apa saja yang menjadi hambatan dalam melalukan penerimaan karyawan baru?
Bagaimana cara mengatasi hambatan pada penerimaan karyawan baru?

1.3 Batasan Masalah
Membahas mengenai penerimaan karyawan baru.
Kriteria-kriteria dalam penerimaan karyawan baru adalah seleksi administrasi, pengetahuan umum, psikotest tertulis, wawancara psikotest, pemeriksaan kesehatan, dan wawancara internal perusahaan.

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
Menerapkan ilmu dan teori-teori yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan
Mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja
Membuka jalur komunikasi antara mahasiswa dengan perusahaan.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Bagi Penulis
Dapat meningkatkan wawasan serta pengalaman bagi mahasiswa dalam dunia kerja.
Mampu menggunakan pengalaman kerjanya untuk mendapatkan kesempatan kerja.
Dapat melihat hubungan antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
Bagi pembaca
Sebagai sarana penambahan informasi yang ada dan referensi bacaan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer sebagai acuhan bahan penelitian dengan permasalahan yang sama.

1.5 Tempat dan Waktu Pelaksanaan
1.5.1 Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
Tempat Praktek Kerja Lapangan dilakukan di PT. Jasa Raharja yang terletak di jalan Gatot Subroto KM.51, No.142, Sei Sikambing C.II, Medan, Sumatera Utara.
1.5.2 Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
Waktu pelaksanaan dilakukan pada setiap hari kerja pukul 07.30-16.30 WIB terhitung mulai tanggal 31 Juli 2017 sampai selesainya laporan praktek kerja lapangan tersebut.

1.6 Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan Data merupakan kegiatan mencari data di lapangan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian.
Penelitian Lapangan
Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari bagian Administrasi/Pelaksana Administrasi. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :
Observasi yaitu mengumpulkan data dengan cara mengamati langsung proses kerja di PT. Jasa Raharja
Wawancara yaitu pengambilan data yang dilakukan dengan berdialog atau tanya jawab dengan bagian Pelayanan Administrasi di PT. Jasa Raharja.
Berikut pertanyaan yang diajukan dalam wawancara sebagai berikut :
Berapa gaji yang diinginkan oleh calon karyawan?
Motivasi apakah yang membuat calon karyawan ingin bekerja di PT. Jasa Raharja?
Apakah calon karyawan bersedia untuk mematuhi semua peraturan sesuai yang di tentukan oleh perusahaan?
Apakah calon karyawan memiliki pengalaman bekerja sebelumnya?
Apakah calon karyawan memiliki saudara kandung yang berkerja di PT. jasa Raharja?
Apakah calon karyawan bersedih di tempatkan di luarkota?
Penelitian Kepustakaan
Penelitian Kepustakaan adalah metode pengumpulan data berdasarkan buku-buku yang berkaitan dengan judul praktek kerja lapangan dan sumber data tertulis lainnya yang ada di perusahaan yang bersangkutan.

1.7 Sistematika Penulisan
Agar pembahasan lebih terstruktur dan sistematika, maka penulisan dibagi menjadi empat bab, yaitu :
BAB I : PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah tujuan dan manfaat Praktek Kerja Lapangan, tempat dan waktu pelaksanaan, teknik pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini di bahas tentang definisi sistem, definisi Sumber Daya Manusia, gambaran umum perusahaan dimulai dari sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi perusahaan.
BAB III : PEMBAHASAN MASALAH
Berisi tentang penguraian masalah yang dihadapi, usulan pemecahan masalah beserta rincian mengenai hasil yang diusulkan kepada perusahaan.
BAB IV : KESIMPULAN
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan paper ini. Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan dan saran yang didasarkan dari uraian bab-bab yang sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar